Memahami kondisi anak hiperaktif

Jum`at, 23 Januari 2015 21:51:40 - Posting by redaksi - 311 views

Memahami kondisi anak hiperaktif

                Pembaca yang budiman, apakah anda punya anak yang masih kecil? Atau memiliki keluarga dekat usia 2-5 tahun? Tingkah laku mereka pastu lucu namun seringkali tingkah mereka itu juga bias bikin ‘sebel’ dan bikin kita emosi. Tidak banyak orang tua yang tahu bahwa anak kecil yang bikin ‘sebel’ itu sesunggunya memiliki rahasia menakjubkan yang diungkap mereka setelah mereka dewasa kelak. Salah satunya anak hiperaktif atau tidak mau diam ataupun tidak bias duduk tenang

Ciri-ciri Anak Hiperaktif:

                Tidak Fokus; Misalnya, anak Anda hiperaktif. Maka, kebanyakan dari kegiatan yang sedang dia lakukan tidak bias bertahan lama. Saat dia bermain bola, kemudian ada anak lain yang melintas di depan sambil membawa balon, dia akan membuang bolanya dan ikut bermain balon bersama anak lain. Begitu ada anak lain yang berbeda, dia bias mengalihkan perhatiannya untuk mengikuti anak tersebut. Anak hiperaktif tidak bias bertahan diam lebih dari 5 menit. Anak ini juga suka berteriak-teriak tidak jelas, dan berbicarasemaunya. Juga memilikisikap yang tidak mudah dipahami.

                Sifat Menentang; Anak hiperaktif lebih sulit dinasehati daripada anak non-hiperaktif. Misal, ia sedang bermain nak turn tangga dan kita memintanya untuk berhenti, ia akan diam saja atau marah dengan tetap melanjutkan bermain.

                Destruktif; Sebagai perusak ulung, anak hiperaktif harus dijauhkan dari ruangan yang banyak benda-benda berharga atau barang pecah bela dan sejenisnya. Sikap yang suka melempar, menghancurkan barang inilah yang disebut destruktif.

                Tidak Mengenal lelah; Tidak akan tampak kelelahan saat ia bermain. Setiap hari berlari, berjalan dan melakukan kegiatan tanpa tujuan jelas, bergerak terus adanya.

                Tanpa Tujuan Jelas; Anak aktif membuka buku untuk dibaca, anak hyperaktif membuka buku untuk dibaca, anak hiperaktif membuka buku untuk disobek, dilipat-lipat, atau dibolak-balik saja tanpa membaca.

                Bukan Penyabar; Sering saat bermain, ia dengan tidak sabar mengambil mainan dengan paksa. Tidak suka jika menunggu jika menunggu giliran bermain. Suka mendorong, mencubit, atau memukul tanpa alas an.

                Anak hiperaktif memiliki kelebihan disamping kekurangannyaitu. Tentunya orang tua sangat diharapkan lebih menaruh perhatian khusus kepada anak hyperaktif. Bukan berarti melebihkan dari anak lainnya, tetapi harus mendidik dengan cara yang berbeda dengan biasanya. Sesunggunya anak-anak seperti ini kelak akan menjadi anak yang dinamis, kelak ketika saat mereka akan mampu mengerjakan tugas dalam waktu yang bersamaan, atau malah memimpin lebih dari satu perusahaan tanpa merasa kesulitan sama sekali. (*)

Tags #anak #hiperaktif #kondisi #memahami