Gandeng Orang Tua, Ajarkan Hak Anak

Jum`at, 23 Januari 2015 21:11:29 - Posting by redaksi - 349 views

Gandeng Orang Tua,

Ajarkan Hak Anak

 

          Lingkungan adalah pembentuk dominan karakter anak. Oleh karenanya perlu dominan karakter anak. Oleh karenanya perlu diberikan sebuah lingkungan yang baik agar tumbuh kembang anak baik juga. Hal tersebut bagi anak adalah sebuah hak yang wajib diberikan. Demikian disarikan pada sosialisasi hak dan perlindungan anak, yang diselenggarakan SDN Kaliombo 2 Kediri, Rabu (7/1).

          “Kegiatan disampaikan kepada orang tua dan wali murid sekolah kami, agar terdapat kesesuaian pemahaman mengenai hal tersebut antara pola pendidikan di sekolah dan lingkungan anak dirumah,” terang Lucia Maria Dyah Winarni, M.Pd,Kepala SDN Kaliombo 2 Kediri.

          Lebih lanjut, Lucia menerangkan bahwa pemahaman tersebut seiring pulang dengan kurikulum yang saat ini diterapkan di seekolah. Salah satu yang kentara adalah pola pendidikan karakter. Sudah bukan masanya lagi mendidik anak dengan marah, atau ditakut takuti. Hal tersebut bisa membuat nilai yang hendak ditanamkan tidak sampai di anka didik.

          “Dari dulu memang tidak boleh mendidik dengan cara seperti marah atau ditakut takuti. Hal inilah yang ingin diulang sampaikan pula pada  orang tua,” imbuhnya.

          Mengenai pemahaman hak dan perlindungan anak, sebagaiman diatur dalam UU no 23/2002 pasal 1 ayat 2, jelas disebutkan bahwa anak memiliki pula hak untuk hidup, timbuh dan berkembang. Disamping itu anak memiliki pula hak untuk berpartisipasi. Pokok partisipasi ini tertuang pula pada kurikulum 2013. Namun demikian, lebih penting lagi disebutkan Lucia adalah pola didik harian atau penerapannya.

          “Pernah sekali waktu ditemui, pada kantin kejujuran anak mengambil barang tanpa meninggal uang, dan bahkan mengambil kembalian. Hal seperti ini yang ingin kami gagas ada kesusaian antara sekolah dengan pola lingkungan pendidikan dikeluarga,”pungkasnya. .rer-KP

Tags #ajarkan #anak #gandeng #hak #orang #tua